SEMANGAT SISWA MTSN 5 PASURUAN BELAJAR IKLAN DENGAN CANVA


Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran menulis poster terdapat dalam silabus mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs kelas VIII pada KD 4.4 semester satu. Tujuan dalam menulis poster yaitu peserta didik mampu menyajikan poster dengan memperhatikan cara penulisan dan penggunaan bahasa yang baik dan benar, pemilihan diksi yang tepat sesuai tema yang ditentukan.

 

Selain itu siswa mampu membuat kolerasi yang tepat antara gambar dan kalimat dalam poster. Poster adalah gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan. Adapun ciri-ciri poster dibuat menggunakan bahasa yang singkat padat dan jelas. Berisi sesuatu yang menarik perhatian orang, memuat komposisi huruf dan gambar, menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Dalam pembelajaran ini siswa kelas VIII A sangat antusias dalam mengerjakan. Untuk materi poster ini media yang paling efektif adalah menggunakan aplikasi canva.

 

Canva merupakan aplikasi desain grafis online untuk perangkat desktop atau PC dan android yang mudah digunakan. Meskipun mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi poster lebih menekankan penggunaan bahasa, namun perlu diperhatikan juga komposisi huruf, warna, dan gambar agar poster tersebut menarik dan dinamis.

 

“Huruf, warna, dan gambar agar poster tersebut menarik dan dinamis. Pada awalnya siswa diberi tutorial bagaimana mendonwload serta langkah-langkah menggunakan canva melaui YouTube yang disampaikan di grup whatsapp. Di mulai dari membuka canva di HP, menentukan poster sesuai tema, lalu memilih template untuk menuliskan kalimat serta mendesain jenis font maupun warna dan gambar. Aplikasi canva telah disediakan banyak contoh poster yang bisa dipilih dalam stok disain grafis secara cuma-cuma alias gratis” Jelas guru bahasa Indonesia Ririn Khurrotul.

Cantika kelas VIII A merasa senang saat pembelajaran iklan ini karena tidak lagi mengggunakan buku gambar melainkan memanfaatkan smartphone yang dimiliki siswa.

Mereka hanya mempelajari sendiri melalui YouTube. Ini membuktikan bahwa pembelajaran poster dengan aplikasi canva sungguh menyenangkan dan memberi suatu pengalaman baru bagi peserta didik. Siswa tidak perlu repot mencari kertas gambar dan pewarna, sehingga sangat efektif dilaksanakan. Meskipun kadang terkendala koneksi internet yang tidak stabil, namun penggunanaan aplikasi canva ini banyak memberi keuntungan. Antara lain siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif, ramah lingkungan, efisien karena bisa diedit dengan cepat, serta waktunya lebih fleksibel. (RN)

 

Komentar