RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
MTsN 5 Pasuruan
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
VIII/I Satu
|
Materi
Pokok
|
: TEKS EKSPOSISI
|
Alokasi
Waktu
|
:
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti
KI. 1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI. 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI. 4 Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah)
yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca
|
3.5.1
Menyebutkan
pengertian teks eksposisi
3.5.2
Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
3.5.3
Menentukan pola pengembangan teks
eksposisi
|
4.5 Menyimpulkan
isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan
dan dibaca
|
4.5.1 Menyimpulkan teks eksposisi berdasarkan gagasan utama
4.5.2 Menyebutkan
jenis-jenis paragraph dalam teks eksposisi
|
3.6 Menelaah
isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah)
yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.6.1
Menentukan stuktur teks eksposisi
3.6.2 Menentukan
penggunaan kaidah bahasa dalam teks eksposisi
3.6.3 Menyusun
kerangka teks eksposisi
|
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk
teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
4.6.1
Menyunting teks eksposisi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
membaca teks eksposisi, peserta didik dapat:
a.
Menyebutkan
pengertian teks eksposisi
b.
Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
c.
Menentukan pola
pengembangan teks eksposisi
Fokus penguatan karakter
-
cermat
-
Teliti
Pertemuan Kedua
Setelah
membaca teks eksposisi, peserta didik dapat:
a.
Menyimpulkan teks eksposisi
berdasarkan gagasan utama
b.
Menyebutkan
jenis-jenis paragraph dalam teks eksposisi
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya diri
Pertemuan Ketiga
Setelah
mengamati teks eksposisi, peserta didik dapat:
a. Menentukan stuktur teks eksposisi
b. Menentukan
penggunaan kaidah bahasa dalam teks eksposisi
c.
Menyusun kerangka teks eksposisi
Fokus penguatan
pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya diri
Pertemuan Keempat
Setelah
mengamati teks eksposisi, peserta didik dapat:
a.
Menyunting teks
eksposisi
Fokus penguatan pendidikan karakter :
-
Kesantunan
-
Tanggung jawab
-
Percaya diri
A.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan
Pertama
(1) Faktual
PENDIDIDKAN KARAKTER
Usia remaja yang
berkisar antara 10-21 tahun merupakan fase transisi dari masa anak-anak ke
masa awal dewasa. Pada usia remaja, anak cenderung mencari identitas dirinya.
Hal itu karena pada usia remaja, seseorang mengalami gejolak emosi yang
sangat labil. Adanya perubahan tinggi badan, berat badan, dan mulai adanya
ketertarikan terhadap lawan jenis akan berpengaruh terhadap psikologisnya.
Kondisi itu
merupakan masa sulit bagi remaja sehingga diperlukan pengendalian diri yang
kuat saat berada di sekolah, rumah, dan lingkungan tempat bermain.fase
transisi ini, anak perlu mendapat perhatian dan pendidikan karakter.
Kurangnya kesadaran akan pendidikan karakter menyebabkan sejumlah anak
terjerumus pada hal-hal yang negatif karena tidak berhasil mengatasi pergolakan
emosi dalam dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif,
remaja harus dibekali dengan pendidikan karakter.
Sebagian orang
mungkin belum mengetahui tentang pendidikan karakter. Pendidikan adalah
proses perunbahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia atau diri melalui upaya pengajaran dalam latihan,
proses, cara, dan perbuatan mendidik. Sementara itu, karakter adalah watak
atau perilaku seseorang. Dengan demikian, pendidikan karakter adalah pendidikan
yang mengajarkan anak untuk berperilaku jujur, sopan, santun, kreatif,
percaya diri, dan peduli.
Pendidikan
karakter penting diberikan untuk membantu remaja dalam mengendalikan emosinya
sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif. Pendidikan kognitif
saja tidak cukup untuk membentuk kemampuan bersosialisasi seseorang. Oleh
karena itu, diperlukan juga pengendalian emosi yang baik agar dapat
bersosialisasi dalam lingkungannya. Pengendalian diri ketika tidak menyukai
sesuatu, marah, senang, kecewa, dan bingung dapat membantu seseorang menjadi
lebih dewasa.
Pendidikan
karakter dapat menubah anak menjadi pribadi yang berprestasi dan kreatif.
Selain itu, dengan pendidikan karakter, anak akan memiliki sikap lebih peka
terhadap lingkungan sekitarnya, mengajarkan nilai toleransi, memiliki sifat
saling mengasihi, berbudi pekerti, cinta damai, mandiri, memiliki rasa ingin
tahu, menjadi lebih religius, dan perilaku positif lainnya.
Nialai-nilai
positif dalam pendidikan karakter yang diberikan kepada anak usia remaja
dapat membentuk mereka menjadi remaja yang uunggul dan berprestasi. Dengan
pendidikan karakter, mereka akan mampu bersaing dengan baik di segala bidang,
baik tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain, remaja yang
memperoleh pendidikan karakter akan menjadi generasi penerus bangsa yang
andal dan memajukan bangsa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pendidikan karakter dapat membentuk remaja yang unggul, dapat dibanggakan
secara fisik, stabil dalam emosi, dan memiliki kecerdasan intelektual.
Berdasarkan hal tersebut, alangkah baiknya pendidikan karakter diterapkan
pada anak usia remaja karena dapat memberikan banyak manfaat positif.
Sumber : Buku Teks Pendamping Bahasa
Indonesia kelas VIII Tahun 2017 halaman 61-62, Yadi Mulyadi, dkk.
|
(2)
Konsep
a. Definisi
teks eksposisi
b. Unsur-unsur
teks eksposisi
-
Permasalahan
-
Argumentasi
-
Rekomendasi
c. Fakta
dan opini dalam teks eksposisi
d. Pola
pengembangan teks eksposisi
-
Definisi
-
Contoh/
ilustrasi
-
Pertentangan
atau perbandingan
-
klasifikasi
Pertemuan Kedua
(1) Faktual
(2)
Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan
Semut Jepang yang oleh masyarakat Jepang disebut ari ternyata dipercaya memiliki banyak
manfaat bagi tubuh manusia. Sebenarnya, terdapat lebih dari 150 jenis semut
Jepang, antara lain Pachyondyla
pilosior, losius talpa, polyergus samurai, dan stenamma owatoni. Namun, dari sekian banyak semut Jepang,
ciri-cirinya bias dibilang sangatlah mirip.
Masyarakat Jepang sudah hafal betul manfaat semut Jepang bagi
kesehatan. Mereka sering menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada
wisatawan. Semut Jepang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah
enzim yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur kadar kolesterol,
meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur tekanan darah,
meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut Jepang
juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun, hal
tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
Meskipun semut Jepang memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap
memeriksakan penyakit Anda pada dokter. Semut Jepang sebaiknya hanya
dijadikan sebagai obat alternatif.
|
(2) Konsep
a.
Simpulan konsep
teks eksposisi
b.
Jenis-jenis teks
eksposisi
(3) Prosedur
a.
Menuliskan simpulan
berdasarkan gagasan utama
b.
Mendaftar gagasan
pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi
Pertemuan Ketiga
(1) Faktual
MANFAAT AVOKAD BAGI KESEHATAN
Avokad sering disebut sebagai buah yang tak bersahabat bagi para
pengidap kolesterol tinggi. Namun, siapa sangka, buah yang berasal dari Benua
Amerika mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh sehingga
dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.
Manfaat yang pertama dari buah avokad adalah menjaga kesehatan
jantung. Hal ini disebabkan kandungan senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin
E, kalium, folat, dan pitosterol dalam buah tersebut. Kandungan-kandungan
tersebut sangat berperan untuk menjaga kesehatan organ jantung.
Manfaat yang kedua, buah avokad sangat baik untuk kesehatan kulit.
Hal ini terjadi karena avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak
omega 9, antioksidan, vitamin E, vitamin C, serta kolagen.
Kandungan-kandungan tersebut memberikan nutrisi bagi kulit sehingga kulit
tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.
Buah avokad juga sangat baik untuk diet. Lemak yang terdapat dalam
buah avokad dapat menjadi cadangan energy yang dapat bertahan lama. Perut
akan berada dalam keadaan kenyang dalam waktu relatif lama sehingga bias
menekan nafsu makan.
Yang tak kalah penting adalah buah ini memiliki manfaat yang luar
biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini disebabkan kandungan asam lemak tak
jenuh tunggal dan kalium dalam buah avokad mampu meningkatkan hormon insulin
untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.
Selain itu, buah avokad dipercaya sebagai buah pencegah stroke yang
cukup efektif. Penyebabnya adalah kandungan vitamin E dalam buah tersebut
dapat berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol sehingga bias
menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.
Demikian manfaat yang bias kita dapatkan dari buah kecil ini.
Meskipun ukurannya tidak besar, tetapi buah avokad mengandung manfaat yang
sangat besar bagi tubuh.
(Sumber : Buku Teks
Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII Tahun 2017 Halaman 76, Yadi Mulyadi,
dkk)
|
(2)
Konsep
a. Struktur teks eksposisi
1) Pernyataan
umum (tesis)
2) Argumentasi
3) Penegasan
ulang
b. Komponen detail bagian pada struktur
teks eksposisi
c.
Unsur
kebahasaan teks eksposisi
1)
Istilah teknis
suatu bidang
2)
Kalimat aktif
3)
Kalimat pasif
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
Pertemuan
Keempat
(1) Faktual
Objek : buah-buahan (nama buah disesuaikan dengan
nama kelompoknya)
(2) Konsep
a.
Struktur
teks eksposisi
1)
Pernyataan umum (tesis)
2)
Argumentasi
3)
Penegasan ulang
b.
Komponen detail
bagian pada struktur teks eksposisi
c.
Keterkaitan
antara bagian definisi umum dan deskripsi bagian
d.
Unsur kebahasaan
teks eksposisi
1) Istilah
teknis suatu bidang
2) Kalimat
aktif
3) Kalimat
pasif
e. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3)
Prosedur
a.
Menyusun
kerangka teks eksposisi
b.
Menulis teks ekposisi
tentang obyek buah-buahan (mangga)
c.
Menyunting teks
eksposisi
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis
teks eksposisi suatu objek dalam rekaman
video secara berkelompok.
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a.
Kaidah ejaan
bahasa Indonesia
b.
Menulis teks
eksposisi
c.
Menyunting teks
eksposisi
B.
Metode Pembelajaran
1. Saintifik
2.
Inquiry/ Discovery Learning
3.
C.
Media dan Bahan
a. Media
1)
Gambar/foto
objek buah-buahan
2)
Teks eksposisi
3)
Tabel telaah
teks eksposisi
4)
LK pemandu
kegiatan
5)
Laptop
6)
Kartu nama
kelompok
b. Bahan
1)
Kertas asturo
2)
Kertas origami
3)
Pita hias
4)
Kertas A4
5)
Lem/double tapes
6)
Gunting, spidol
D.
Sumber Belajar
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung:
Yrama Widya, Hlm. 61-62
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII.
Bandung: Yrama Widya, Hlm. 66
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII.
Bandung: Yrama Widya, Hlm. 76
Kamus Besar Bahasa
Indonesia (Elektronik)
Permendikbud
No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.30 November 2015.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa
di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan teks eksposisi.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi tentang
objek (bidang pendidikan, sosial, budaya maupun ekonomi) yang didengar dan
dibaca.
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f.
Guru
membentuk kelompok peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks eksposisi yang
ditayangkan dengan proyektor.
b. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti tentang objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks dari
tayangan teks eksposisi.
c.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang objek, tujuan,kebahasaan,dan jenis teks eksposisi
dari buku teks peserta didik.
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan
lembar kerja tentang objek, tujuan,
kebahasaan, dan jenis teks dari tayangan teks eksposisi, guru memberikan
bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.
Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta didik melaksanakan evaluasi tes
tertulis.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas,
merefleksi)hasil pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
b. Guru bersama peserta didik membuat
simpulan mengenai ciri objek, tujuan,
kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks eksposisi,
d. serta menyampaikan tindak lanjut/ perbaikan
untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
Pertemuan Kedua
(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa
di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang hal- hal yang berkaitan tentang teks eksposisi.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi tentang
objek buah-buahan (pendidikan karakter, semut jepang, dan manfaat avokad) yang didengar dan dibaca.
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik membaca teks eksposisi yang
berjudul Pendidikan Karakter.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti tentang gagasan
utama, simpulan konsep, jenis paragraf dari teks yang berjudul Pendidikan
Karakter.
c.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang gagasan
utama, simpulan konsep, jenis paragraf dari teks yang berjudul Pendidikan
Karakter .
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan
lembar kerja tentang gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraf dari
teks yang berjudul Pendidikan karakter, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.
Peserta
didik menyimak penguatan hasil diskusi
yang disampaikan guru.
h. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas,
merefleksi) hasil pembelajaran mengenaigagasan utama, simpulan konsep dan jenis
paragraf teks.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai gagasan utama, simpulan
konsep dan jenis paragraph teks eksposisi.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraph teks
eksposisi.
d. serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan
untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraf teks eksposisi.
f.
Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat simpula peta konsep dari teks eksposisi lain.
Pertemuan Ketiga
(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa
di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang struktur, kaidah kebahasaan
dan langkah menyusun teks eksposisi.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyusun dari
teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan, sosial, budaya,
kesehatan, maupun ekonomi) yang didengar dan dibaca
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks eksposisi yang
ditayangkan dengan proyektor.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang
berlum dimengerti tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyusun teks
eksposisi.
c.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah
menyusun teks deskripsi dari buku teks peserta didik.
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan
lembar kerja tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyusunteks
eksposisi dari tayangan, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta
didik yang mengalami kesulitan.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.
Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta didik melaksanakan evaluasi
tertulis.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas,
merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur, kaidah kebahasan dan langkah
menyusun teks eksposisi.
b. Guru bersama peserta didik membuat
simpulan mengenai struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyusun teks
eksposisi.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyususn teks
eksposisi.
d. serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali struktur,
kaidah kebahasaan dan langkah menyususn teks eksposisi.
Pertemuan
Keempat (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa
di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang berkaitan dengan teks eksposisi.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan, sosisal, budaya,
kesehatan, maupun ekonimi) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik mengamati objek buah-buahan
di lingkungan sekolah.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti dari hasil
pengamatan.
c.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks eksposisi.
d. Peserta didik guru memberikan bimbingan
khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan mengerjakan lembar kerja
tentang tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks eksposisi,
guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.
Guru
memberikan penguatan hasil diskusi.
h. Peserta didik mempublikasikan teks eksposisi
di mading kelas.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas,
merefleksi) hasil pembelajaran mengenai gagasan utama dan simpulan konsep teks eksposisi.
b. Guru bersama peserta didik membuat
simpulan mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksposisi.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksposisi serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik
dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta
didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan,
dan menyunting teks eksposisi.
e.
Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat teks eksposisi berdasarkan suatu
objek (bidang pendidikan, sosial, budaya, kesehatan maupun ekonomi) secara
tertulis.
F.
Penilaian
Teknik penilaian
a. Sikap
-
Observasi
(jurnal)
b. Pengetahuan
-
Tes
tertulis
c.
Keterampilan
-
Produk
Instrumen
Penilaian
Pertemuan Pertama
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN
SIKAP
Nama
Sekolah : MTSN 5 Pasuruan
Kelas/Semester : VIII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
Pengetahuan
|
Teks Eksposisi
|
3.5.1
Menyebutkan
pengertian teks eksposisi
3.5.2
Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
3.5.3
Menentukan pola pengembangan teks
eksposisi
|
1. Menyebutkan 4 pengertian teks eksposisi dari teks berjudul Manfaat
semut Jepang.
2. Menentukan 4 unsur gagasan utama teks eksposisi
berjudul Manfaat semut Merah.
3. Menentukan 4
kalimat aktif dan kalimat pasif teks eksposisi yang berjudul
Manfaat Semut Merah
4. Menentukan 4
fakta dan opini dari teks eksposisi
yang berjudul Manfaat Semut Jepang
5. Menentukan jenis teks eksposisi pada
teks yang dibaca/didengar
|
1
2
3
4
5
|
-
Instrumen Soal
Tes
tertulis
Bacalah
teks deskripsi berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan
Semut Jepang yang oleh masyarakat Jepang disebut ari ternyata dipercaya memiliki banyak
manfaat bagi tubuh manusia. Sebenarnya, terdapat lebih dari 150 jenis semut
Jepang, antara lain Pachyondyla
pilosior, losius talpa, polyergus samurai, dan stenamma owatoni. Namun, dari sekian banyak semut Jepang,
ciri-cirinya bias dibilang sangatlah mirip.
Masyarakat Jepang sudah hafal betul manfaat semut Jepang bagi
kesehatan. Mereka sering menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada
wisatawan. Semut Jepang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah
enzim yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur kadar kolesterol,
meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur tekanan darah,
meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut Jepang
juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun, hal
tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
Meskipun semut Jepang memiliki banyak
manfaat, sebaiknya Anda tetap memeriksakan penyakit Anda pada dokter. Semut
Jepang sebaiknya hanya dijadikan sebagai obat alternatif.
|
1. Tulislah pengertian yang terdapat dalam teks eksposisi di atas!
2. Tulislah 4 unsur yang terdapat dalam teks ekspsosisi di atas!
3. Tulislah 4 kalimat aktif dan kalimat
pasif dalam teks eksposisi di atas!
4. Tulislah 4 fakta dan opini dalam teks eksposisi
di atas!
5. Jenis teks berjudul Manfaat Semut Jepang
termasuk jenis teks eksposisi .......
RUBRIK PENILAIAN DAN
PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a.
Menuliskan
4 pengertian yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
b.
Menuliskan
3 pengertian yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang
dengan benar.
c.
Menuliskan
2 pengertian yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang
dengan benar.
d.
Menuliskan
1 pengertian yang terdapat dalam teks eksposisi
berjudul Mnfaat Semut Jepang dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
|
2.
|
a.
Menuliskan
4 unsur yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
b.
Menuliskan
3 unsur yang terdapat dalam teks eksposisi
berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
c.
Menuliskan
2 unsur yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
d.
Menuliskan
1 unsur yang terdapat dalam teks eksposisi
berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
3.
|
a.
Menuliskan
4 kalimat aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Manfaat Semut Jepang dengan benar.
b.
Menuliskan
3 kalimat aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Manfaat semut Jepang dengan benar.
c.
Menuliskan
2 kalimat aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Manfaat semut Jepang dengan benar.
d.
Menuliskan
1 kalimat aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi Manfaat
semut Jepang dengan benar
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
4.
|
a.
Menuliskan
4 fakta dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut
Jepang dengan benar.
|
4
|
b.
Menuliskan
3 fakta dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut
Jepang dengan benar.
c.
Menuliskan
2 fakta dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut
Jepang dengan benar.
d.
Menuliskan
1 fakta dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut
Jepang dengan benar.
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
5.
|
Menuliskan
jenis teks eksposisi Manfaat Semut Jepang dengan benar.
|
4
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
20
|
-
Kunci Jawaban
1. Teks eksposisi adalah teks yang
bertujuan menguraikan suatu permasalahan atau pengertian dan bahasa yang padat,
singkat, dan akurat.
2. Unsur-unsur teks eksposisi:
a. Permasalahan
Semut Jepang mengandung sejumlah enzim yang dapat
menyembuhkan berbagai penyakit.
b. Argumentasi
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur
kadar kolesterol, meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur
tekanan darah, meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut
Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun,
hal tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
c.
Rekomendasi
Meskipun
semut Jepang memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap memeriksakan
penyakit Anda pada dokter. Semut Jepang sebaiknya hanya dijadikan sebagai obat
alternatif.
3. Kalimat aktif
a.
Mereka
sering menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada wisatawan.
b.
Meskipun
semut Jepang memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda memriksakan penyakit Anda
pada dokter.
Kalimat pasif
a.
Pedoman Penilaian:
Skor =
jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK
(LKPD 1)
3.1
Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan sosial, budaya,
kesehatan maupun ekonomi) yang didengar dan dibaca.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
MANFAAT
AVOKAD BAGI KESEHATAN
Avokad sering disebut sebagai buah yang tak
bersahabat bagi para pengidap kolesterol tinggi. Namun, siapa sangka, buah yang
berasal dari Benua Amerika mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting
untuk tubuh sehingga dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.
Manfaat yang pertama dari buah avokad adalah
menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan senyawa asam oleat tak
jenuh, vitamin E, kalium, folat, dan pitosterol dalam buah tersebut.
Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan untuk menjaga kesehatan organ
jantung.
Manfaat yang kedua, buah avokad sangat baik
untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena avokad mengandung lemak tak jenuh
tunggal, asam lemak omega 9, antioksidan, vitamin E, vitamin C, serta kolagen.
Kandungan-kandungan tersebut memberikan nutrisi bagi kulit sehingga kulit
tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.
Buah avokad juga sangat baik untuk diet. Lemak
yang terdapat dalam buah avokad dapat menjadi cadangan energy yang dapat
bertahan lama. Perut akan berada dalam keadaan kenyang dalam waktu relatif lama
sehingga bias menekan nafsu makan.
Yang tak kalah penting adalah buah ini
memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini disebabkan
kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah avokad mampu
meningkatkan hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.
Selain itu, buah avokad dipercaya sebagai buah
pencegah stroke yang cukup efektif. Penyebabnya adalah kandungan vitamin E
dalam buah tersebut dapat berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol
sehingga bias menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.
Demikian manfaat yang bias kita dapatkan dari
buah kecil ini. Meskipun ukurannya tidak besar, tetapi buah avokad mengandung
manfaat yang sangat besar bagi tubuh.
(Sumber : Buku Teks
Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII Tahun 2017 Halaman 76, Yadi Mulyadi,
dkk)
Objek teks eksposisi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang
berbeda dengan
umumnya.
1. Daftarlah hal-hal yang berhubungan dengan
manfaat buah avokad dari teks eksposisi di atas!
NO
|
OBJEK/ HAL YANG
DIDESKRIPSIKAN
|
1.
|
Mencegah
stroke
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Tujuan teks eksposisi menjelaskan tentang objek
dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat dari sudut pandang penulis
2. Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari
keempat teks di atas!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
Menjelaskan
manfaat buah avokad
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Teks eksposisi di atas menggunakan kalimat aktif dan kalimat pasif.
3. Carilah kalimat aktif dan kalimat pasif
pada teks eksposisi kata yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!
NO
|
KALIMAT PASIF
|
KALIMAT PASIF
|
1.
|
||
2.
|
Mengetahui,
|
Pasuruan, 16
Juli 2018
|
|
Kepala Madrasah
|
Guru Bahasa Indonesia
|
|
Drs. HAIRUL SHALEH, M.Pd
|
RIRIN KHURROTUL AINI, S.Pd
|
|
.NIP. 196901261995031001
|
NIP.
198109182007012016
|
DRILL
MENYIMPULKAN TEKS EKSPOSISI DARI GAGASAN UTAMA!
Permainan take and give tanda tangan
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1. Teman saya dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2. Teman Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya dapat
menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam
teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.Teman
saya dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.Teman
Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya dapat
memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.Teman
saya dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.Teman
Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1. Teman
saya dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.Teman
Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya
dapat menyampaikan arti pendapat dalam teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
1.
Teman saya
dapat menerangkan arti fakta dalam teks eksposisi
.......
2.
Teman Saya dapat menyampaikan arti pendapat dalam
teks eksposisi
.......
3.
Teman saya
dapat memberikan fungsi fakta dalam teks eksposisi
.....
4.
Teman saya
dapat memberikan fungsi pendapat dalam teks eksposisi
......
5.
Teman saya
dapat memberi contoh fakta dalam teks eksposisi
......
6.
Teman Saya
dapat memberikan contoh pendapat dalam teks eksposisi
......
|
video nya...game...
Komentar
Posting Komentar