RPP BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII MTS N 5 PASURUAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan             : MTs Negeri 5
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                   : VIII/Genap
Materi Pokok                      : Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi
Tahun Pelajaran                : 2018 - 2019
Alokasi Waktu                    : 12 JP (6 Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai danmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai danmenghayatiperilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri dalamberinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yangsama dalamsudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.17         Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.18         Menelaah unsure buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.17.1   Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.17.2   Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.17.3   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
3.17.4   Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
3.17.5   Menganalisis Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
3.17.6   Menganalisis Informasi buku melalui indeks.
3.17.7   menganalisis Teknik- teknik membaca.
3.18.1   Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi.
3.18.2   Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
3.18.3   Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari
3.18.4   Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari
3.18.5   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
2
4.17         Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18         Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secaralisan/tertulis
4.17.1   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17.2   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.3   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 
4.18.1   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.18.2   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 


C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  MenjelaskanKeragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
Ø  MenjelaskanInformasi buku melalui indeks.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  MemahamiCatatan tentang isi buku.
Ø  MemahamiTeknik- teknik membaca.
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  MenjelaskanUngkapan dalam buku fiksi.
Ø  MenjelaskanUnsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
Pertemuan keempat
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  MenjelaskanDaya tarik bacaan
Ø  Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
Pertemuan kelima
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Ø  Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
Pertemuan keenam
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Ø  Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
Ø  Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis

Fokus nilai-nilai sikap
1.       Peduli
2.       Jujur berkarya
3.       Tanggung jawab
4.       Toleran
5.       Kerjasama
6.       Proaktif
7.       kreatif

D.      Materi Pembelajaran
1.       Materi pembelajaran regular
a.     Fakta
Ø  Buku fiksi: cerpen, novel, drama, dongeng, mitos dan fabel
Ø  Buku nonfiksi : buku pelajaran, ensiklopedia, jurnal, dokumenter, biografi dan laporan ilmiah.
b.     Konsep
Ø  Pengertian tentang buku fiksi dan nonfiksi
c.     Prinsip
Ø  Teknik- teknik membaca
d.     Prosedur
Ø  Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 
2.       Materi pembelajaran remedial
Ø  Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.
3.       Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          :  Scientific Learning
2.       Model Pembelajaran          :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.       Media Pembelajaran
1.       Media LCD projector,
2.       Laptop,
3.       Bahan Tayang

G.      Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.       Modul/bahan ajar,
4.       Internet,
5.       Sumber lain yang relevan

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Teks Drama
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Aktivitas
Ø  Peserta didik diminta memilih sebuah buku fiksi dan nonfiksi (ilmu pengetahuan  populer)! Tulislah bagian-bagian yang ada pada kedua buku tersebut!
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan persamaan dan perbedaan  bagian buku fiksi dan  nonfiksi. (buku yang telah kamu baca pada jurnal membacamu pada pelajaran yang lalu dapat kamu gunakan pada kegiatan kali ini)
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Aktivitas
Ø  Peserta didik diminta membandingkan unsure buku fiksi dan nonfiksi dengan mengisi tabel berikut ini
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta berdiskusi untuk membandingkan unsur buku fiksi dan nonfiksi
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Aktivitas
Ø  Bacalah dua buah buku nonfiksi! Buatlah peta pikiran dari buku yang kamu buat! Buatlah komentar berdasarkan jawabanmu terhadap pertanyaan berikut!
©  Ambil dan baca kembali hasil bacaanmu pada unit-unit sebelumnya
©  Buat rangkuman dalam bentuk pemetaan sekreatif mungkin!
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Langkah  Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Ø  Langkah  Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
Ø  Unsur-unsur  Buku  Fiksi  dan  Nonfiksi yang Dapat Dikomentari
Ø  Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


10
menit

6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
Ø  Mengomentari Kekurangan Buku Fiksi dan Nonfiksi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Aktivitas
Ø  Buatlah komentar buku yang telah kamu baca pada unit sebelumnya dengan mengisi format berikut!
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran


Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Membuat Komentar Isi Buku
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit




H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.       Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)     Observasi (jurnal)
2)     Penilaian diri
3)     Penilaian antarteman
b.       Pengetahuan
1)    Ter tertulis
c.        Keterampilan
1)  Kinerja
2.       Instrumen Penilaian
Ø  Terlampir
3.       PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.       Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.
b.       Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi


Pasuruan, 15 Juli 2018
Mengetahui
Kepala MTsN 5 PASURUAN                                                            Guru Mata Pelajaran
               

                                                                                               
                HAIRUL SALEH                                                                               RIRIN KHURROTUL AINI
NIP. 196901261995031001                                                             NIP. 198109182007012016



Kisi-Kisi Penilaian Proyek

Nama Sekolah                     : MTSN 5 PASURUAN
Kelas/Semester                   : VIII/Ganjil
Tahun pelajaran                                : 2017/2018
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia


No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator
Teknik
Penilaian
1
4.19         Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.20         Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secaralisan/tertulis
·    Buku fiksi dan nonfiksi
4.17.4   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17.5   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.6   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 
4.18.3   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.18.4   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 
Proyek
Tugas Proyek:
·    Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan

Kisi-kisi Penilaian Praktik

Nama Sekolah                     : MTSN 5 PASURUAN
Kelas/Semester   : VIII/Genap
Tahun pelajaran                : 2017/2018
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
4.21         Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.22         Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secaralisan/tertulis
·         Buku fiksi dan nonfiksi
4.17.7   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17.8   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.9   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 
4.18.5   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.18.6   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 
Praktik

Tugas Praktik:
·         Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca


Komentar

Posting Komentar