Awali KBM Ajaran Baru 2020-2021 MTsN 5 Pasuruan dengan Kontrak Belajar



Awali KBM Ajaran Baru 2020-2021 MTsN 5 Pasuruan dengan Kontrak Belajar
15 Juli 2020

Keadaan yang berubah secara mendadak di lingkungan sekolah karena corona virus disease 2019 (covid 19). Guru dan siswa dipaksa untuk lebih aktif lagi belajar memberikan banyak pelajaran berharga dalam setiap sendi kehidupan. Transfer ilmu secara tatap muka yang telah dibatasi, otomatis mengurangi intensitas belajar siswa, terutama pembelajaran di madrasah.  Ini semua sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi dampak penyebaran virus corona.
Pemindahan kegiatan belajar dari madrasah  ke rumah ini, sebagai upaya untuk menjaga jarak sosial. Mau tak mau membuat para orang tua mempunyai peran yang baru, yakni sebagai guru dadakan. Itu artinya, para orang tua lah yang menjadi garda terdepan untuk membimbing proses kegiatan belajar hingga pandemi ini berakhir.
MTsN 5 Pasuruan tak luput juga dari keadaan tersebut, sejak KBM berjalan mulai 13 Juli 2020. Dewan guru mulai memberikan pembelajaran melalui online. Yang digunakan,  seperti google classroom, google form, you tube, zoom meeting dan blogger bisa juga melalui whatsapp. Awal pertemuan, guru menyiapkan kontrak belajarnya, terkait materi yang diajarkan, sumber yang digunakan,  dan penilaian  yang harus diikuti.
 Antusias siswa dalam  pembelajaran sangat terlihat dalam pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru.
Harapan Kepala Madrasah Hairul Saleh mengatakan bahwa ini merupakan awal pembelajaran yang baik dan berkualitas terutama di masa pandemi. (rr)









Komentar