Open Class MTSN 5 Bersama Pengawas Bapak H. Muhammad, M.Pd


Open Class MTSN 5 Pasuruan Bersama Pengawas

Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.

Bertempat di kelas VII A MTSN 5 Pasuruan pada  22 November 2018. Siswa sangat menikmati pembelajaran dengan sistem open class untuk mata pelajaran Fikih. Cara seperti ini memudahkan siswa memahami materi dari guru serta mendukung siswa untuk berinteraksi dengan teman yang lain. Siswa juga lebih aktif di dalam kelas.

Kegiatan lesson study yang juga dihadiri oleh kepala sekolah, supervisor dan guru agama lainnya di kelas VII A berlangsung dengan baik. Siswa begitu asyik menikmati pelajaran dan aktif  karena memang sudah dipersiapkan oleh guru model yaitu Ibu Aisyah, S.Ag
Open class lesson study kali ini topik yang diangkat sesuai promes adalah tentang tenangnya dekat dengan Allah ( Ketentuan dzikir dan doa). Pertama siswa diberi sedikit pengarahan cara kerja, kemudian pembagian lembar kerja berupa gambar dan identifikasi. Setelah dikerjakan dengan berkelompok, siswa mempresentasikan ke depan bersama kelompoknya. Kemudian kelompok lain menanggapinya sebagai wujud  interaksi antara siswa dengan siswa.
Sebagai penutup pelajaran,  siswa diminta berdzikir bersama. Dengan supervisor, guru observer dan kepala madrasah.
 Kegiatan berikutnya adalah refleksi yang dilakukan di kantor guru pada pukul 13.15 WIB bersam kepala madrasah, supervisor dan dewan guru.
“Kegiatan pembelajaran lesson studi harus mengikuti tahapan yaitu (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do) dan (3) Refleksi (See)
Dalam tahap perencanaan, para guru yang tergabung dalam Lesson Study berkolaborasi untuk menyusun RPP yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada tahapan yang kedua kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang guru yang disepakati atau atas permintaan sendiri untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun.
Tahapan ketiga merupakan tahapan yang sangat penting karena upaya perbaikan proses pembelajaran selanjutnya akan bergantung dari ketajaman analisis para perserta berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan” Jelas H. Muhammad, M.Pd dalam menutup refleksi.










Komentar