PEMILIHAN KETUA OSIM MTSN 5 PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019





PEMILIHAN KETUA OSIM MTSN 5 PASURUAN TAHUN PELAJARAN  2018-2019

Siswa MTSN 5 PASURUAN mengikuti pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah atau OSIM  layaknya sistem pemilu. Pemilihan ini berlangsung di halaman sekolah, Senin (13/08/18). Tujuannya, memberikan pengetahuan tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu
Sebagai calon ketua OSIM yang terpilih dari sekian siswa  yaittu Hasby Fadilah, M. Burhanuddin, Ayu Fatimatuz zuhro, Vina tri Yulianti.Siswa tersebut dari kelas VIII A.
Acara dimulai tepat pukul 07.00. Semua petugas sudah ada di TPS, lalu melakukan persiapan. Kemudian, petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail teknisnya.

Para siswa itu tampak menyimak arahan dari pembina OSIM tentang tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu. Mereka dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), pemilih, panitia pengawas, saksi parpol, pengamanan,

Adapun saat datang ke TPS, pelajar berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas. Pelajar lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos.
Satu per satu pelajar memasuki TPS. Setiap pelajar diinstruksikan mengambil kertas suara sesuai  data absensi siswa dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut berisi nama Calon Ketua OSIM tersebut. Sementara setiap calon berada kursi tepat di halaman MTSN 5.

Setelah itu, pelajar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dengan arahan petugas TPS. Selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara.
“ Alkhamdulillah, Pemilihan berjalan lancar meski saat awal sedikit ada rasa canggung. Karena diawali oleh kelas VII yang belum berpengalaman dalam  menyampaikan aspirasi. Memang  Ini merupakan pembelajaran bagi mereka dalam pemilu ini” terang Pak Hadi sebagai Pembina OSIM MTSN 5 Pasuruan di saat tengah-tengah proses demokrasi.

Penyampaian visi dan misi calon ketua telah dilakukan pada Jumat 10 Agustus 2018.


Komentar