LKS MENYUNTING BERITA (kelas VIII ganjil)


LK MENYUNTING BERITA
KELAS VIII
TUGAS!
1.        Bacalah berita di bawah ini!
2.        Suntinglah 
a. Kelengkapan unsurnya,
b. Kelengkapan ketatabahasannya : 1. baku/tidak baku, 2. kalimat langsung, 3. kalimat tidak langsung, 4. kalimat transitif, 5. konjungsi temporal
c. Kemenarikan judul, 
d. Kalimat efektif



 
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
   Kelengkapan unsur berita
-  
    Tiga unsur berita terpenuhi
    Dua unsur berita terpenuhi
  Hanya satu unsur terpenuhi
  Kelengkapan tata bahasa
 Terdapat lima tatabahasa
 Terdapat 4 tata bahasa
  Terdapat 3 tata bahsa
 Terdapat dua tatabahasa
       Judul  
      Menarik 
      Kurang menarik 
      Tidak menarik
    Tidak mencantumkan judul
     Keefektifan kalimat
   Menggunakan kalimat efektif
  Kurang menggunakan kalimat efektif
    Banyak yang tidak efektif

Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek      x 100
           skor maksimal


MENYUNTING BERITA

                                          KECELAKAAN MOBIL KARENA GEMPA

                  
            Pada hari senin(30 juli)jam 08.00 pagi terjadi gempa di wilayah Sumatra selatan yang memakan 2 korban jiwa,3 orang lainnya mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.Dan korban yang mengalami luka luka tersebut dilarikan ke rumah sakit terdekat.Dan para petugas  mengevakuasi para korban yang tertimpa reruntuhan bangunan yang diakibatkan oleh gempa,para warga pun turut membantu petugas.
         Sebagian warga mengatakan gempa terjadi karena faktor iklim dan gempa tersebut bersamaan dengan tanah longsor.Dan warga yang selamat segera mengungsi ke posko keamanan.
         “karena terkena gempa yang sangat dasyat mobil tersebut sampai menyangkut ditembok salah satu rumah warga,dan proses evakuasinya sangat membutuhkan waktu yang sangat lama” kata kepala kapolda sumatra selatan.Pada saat Tim sar gabungan mengevakuasi korban reruntuhan   juga membutuhkan waktu yang sangat lama,jalan satu satunya untuk mempercepat mengevakuasi korban adalah dengan menggunakan alat berat,tetapi alat berat tersebut tidak bisa diturunkan ke lokasi dikarenakan jalan yang dilewati terlalu sempit.Untungnya banyak warga yang membantu mengevakuasi korban agar proses evakuasi cepat selesai.Semoga saja bencana tersebut tidak terjadi lagi.

Nama anggota:1.hamada syahrullah
                            2.muhammad burhanudin
                            3.muhammad enno nur ridho
                             KECELAKAN MOTOR DAN TRUK
           Tragedi  kecelakaan  truk melawan sepeda motor di kawasan Pasuruan pada hari kamis tanggal 31 Maret 2018 jam 13.00 WIB yang melibatkan seorang pengemudi truk yang bernama pak Solikin dan pengendara  motor yang bernama pak Ahmad  dan temannya yang bernama pak Juned ,saksi mata mengatakan bahwa “kecelakaan terjadi karena pak Juned oleng saat mengendarai motor karena diduga  sedang mabuk”.
           Karena kecelakaan tersebut satu pengemudi sepeda motor yaitu teman dari pak Ahmad yaitu pak juned meninggal dunia dikarenakan benturan keras pada otak ,menurut saksi mata “Pak juned bisa meninggal karena terbentur bak samping truk”.
NAMA KELOMPOK:-Bakhruzen
                                  -Rifki
                                  -Hasby
        Kecelakaan Beruntun di Probolinggo, Sedan Ringsek Diseruduk Truk


     PROBOLINGGO – Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Sisimangaraja pada Minggu (30/7/2018) sekitar pukul 16.00 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan bus Sinar Jaya, truk boks, dan mobil sedan.
     Menurut informasi Pak Edi, “Kecelakaan bermula saat bus berhenti di pinggir jalan untuk menurunkan penumpang. Di belakang bus, melaju mobil sedan dengan kecepatan tinggi. Mengetahui ada bus menepi, pengemudi sedan yang berada tepat di belakang bus ikut berhenti untuk menunggu bus kembali jalan. Tanpa diduga, dari arah belakang truk tronton menyeruduk hingga bagian depan mobil sedan masuk ke kolong belakang bus.”
     Beruntung empat orang penumpang sedan selamat kendati benturan yang keras membuat bagian depan dan belakang sedan ringsek tak berbentuk. Selain itu, kondisi kaca depan dan belakang mobil juga pecah.
     "Saat itu bus sedang menurunkan penumpang. Di belakangnya sedan kemungkinan mau ngambil kanan tapi tidak riting (menyalakan lampu sein). Terus ditabrak truk dari belakang," kata saksi mata Muslihin.
     Supir truk Ronggo mengaku, sudah membelokkan laju kendaraan ke arah lajur sebelah kanan, begitu ada bus dan sedan yang berhenti. Ronggo yang hendak menuju ke Surabaya tersebut juga mengaku sudah menginjak rem untuk menghindari tabrakan. Namun lantaran jarak sudah dekat, tabrakan tak bisa dihindari.
     Sementara pengemudi sedan Adi, dia bersama keluarganya baru pulang dari Tegal, hendak kembali ke rumahnya yang berada tak jauh dari lokasi.
     "Di mobil ada istri, mertua, dan adik ipar Semua selamat. Dia nunggu bus jalan dan sudah sein kiri karena sudah mau sampai ke rumahnya. Truknya yang nggak sempat ngerem. Untung pas tidak kenceng truknya," ujar Johan, salah seorang kerabat korban.



Kecelakaan yang terjadi di jalan raya Ngopak
                Telah terjadi kecelakaan hebat pagi tadi disebuah jalan raya tempatnya dijalan raya Ngopak pada tanggal 31 juli 2018.Sebuah sepeda onthel yang dinaiki oleh orang yang bernama Bapak Bowo Prabowo itu terpeleset disebuah jalan dengan keadaan hujan deras.Bapak tersebut menaiki sepeda dengan menggunakan payung.Berdasarkan orang yang melihat kejadian itu dikarenakan Bapak yang menaiki sepeda onthel tidak berhati-hati dalam menaiki sepeda onthelnya ,sehingga Bapak tersebut jatuh terpeleset.Dan ada lagi orang yang melihat kejadian Bapak tersebut, dia mengatakan kepada Bapak tersebut,”Berhati-hatilah dalam menaiki sepeda onthel saat terjadi hujan deras, karna pada saat itu jalan akan menjadi licin.”
                Akhirnya Bapak tersebut pun ditolong oleh semua orang yang ada dijalan raya itu.Dan Bapak Bowo Prabowo itu pun selamat tidak ada yang luka didalam tubuhnya.Cerita ini pun akhirnya menjadi tersebar luaskan disosial media yang diungkapkan dengan kecelakaan lucu.







KECELAKAAN MAUT,1 ORANG TEWAS DI CIPUTAT[A1] 

 

Saat ini kita buka pokso informasindi depan kantor Kelurahan.Kita belum mengetahui detail siapa saja korbannya,tapi informasi yang kita peroleh, mobil bis yang mengalami kecelakaan itu bis ketiga , isinya sekira 50 penumpang,” terang Mulyadi di kantor Kelurahan Pisangan.Sementara , dijelaskan Mulyadi, Staf pengurus dan perwakilan warga Pisangan telah mengirim 4 orang yang menujubke lokasi kecelakan di Sumbang. Mereka akan membantu pendataan siapa saja warganya yang menjadi korban. “Sudah ada 4 orang yang berangkat kesana untuk membantu pendataan,” imbuhnya. 13 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Rombongan Wisata Kelurhan Pisangan Ciputat di Tanjakan Emen. Diketahi, rombongan warga yang tergabung dalam anggota Koperasi simpan-pinjam permata Kelurahan Pisangaan,Ciputat Timur, berangkat menggunakan 3 bis tadi pagi.Sedianya, mereka akan menggelar Rapat akhir tahun (RAT) Koperasi pertama. “Jumlah rombongan yang berangkat sekitar 158 orang,ada 3 bis termaksuk Pak lurah. Yang kecelakaan itu bis ketiga, penumpangnya ada sekutar 50 an orang.”

NAMA KELOMPOK:
~ AFIFA
~ KASINAH VINA ROSA
~ NUR LAILI RAHMAWATI
~ RIKATU HURIN`IN

Teks Berita
             Tadi pagi dijalan raya terjadi kecelakaan antara tiga bus dan satu mobil.Diduga kecelakaan tersebut terjadi akibat bus akas pertama remnya blong dan melaju dengan kecepatan maksimal sehingga kehilangan kendali dan diduga sebuah sopir mobil mengantuk hingga akhirnya menyebabkan kedua bus akas lainnya terguling dan tertabrak bagian samping bus akas pertama.Mengakibatkan beberapa korban kecelakaan yang mengalami luka-luka cukup serius.Sehingga para korban yang terluka segera dilarikan kerumah sakit oleh para warga yang datang untuk menolong para korban kecelakaan tersebut.Kemudian setelah para korban dilarikan kerumah sakit oleh para warga tersebut,para korban segera ditangani oleh dokter dan mendapatkan perawatan medis.Kemudian setelah kejadian itu berlangsung,polisi mengevakuasi sopir bus akas pertama yang ternyata sudah meninggal ditempat kejadian tersebut.Akhirnya polisi langsung membawa mayat korban sopir bus akas pertama tersebut kerumah sakit untuk segera diotopsi oleh pihak rumah sakit.
Kelompok 2:
-Umi Nuru Zahro
   -Ayu Fatimatuzzuhro
-Lailatul Fitri
-Kuni Shofiyah
NGEBUT BERUJUNG MAUT
Duapria yang mengenakan jaket GBR mengalami kecelakaan lalulintas di Jalan Raya Kebon Agung,Pasuruan,JawaTimur, Selasa (4/7/2018) sekitar tadi pagi pukul 01.30 WIB.
Rahmat Abdullah Effendi, salah satu pengendara motor, tewas di tempat kejadian perkara (TKP) sedangkan Adit (20) selamat hanya mengalami luka pada kakinya.
Saat kecelakaan, keduanya berboncengan menumpang sepeda motor Jupiter.
Keterangan dihimpun Kompas.com sebelum terjadikecelakaan ada tiga sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Kota Pasuruan.
Saat di TKP, motor yang dikendarai korban diduga bersenggolan dengan salah satu sepeda motor hingga oleng dan terjatuh kelajur kanan. Pada saat bersamaan dari arah berlawanan dating truk tronton.
Kecelakaan pun tidak dapat dihindari. Korban terlindas ban tronton sedangkan Adit terjatuh kelokasi berbeda. Sepeda motor lainnyaterus melaju kearah Alun-alun pasuruan.
"Satu korban meninggal di TKP, dan yang dibonceng selamat hanya lukar ingan," kata Kepala Satlantas Polres Kebon Agung.
Pihak kepolisian sudah mengamankan sebuah motor Jupiter dan truk tronton B 9019 BYW dari TKP. Perkaranya sedalam dalam proses penyelidikan dan penyidikan Satlantas Polres Pasuruan Kota.





 [A1]
Sebanyak 16 Unit Damkar Padamkan Api yang Bakar Dua Rumah di Cipete Utara
Dua rumah di Cipete Utara, Jakarta Selatan, terbakar. Kebakaran ini sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet.
Dua rumah yang terbakar tersebut berlokasi di kawasan perkampungan Jalan Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan.
"Itu lokasinya masuk perkampungan. Jadi, masuk Jalan Fatmawati Raya, kemudian masuk Jalan Cipete, dan masuk Jalan Haji Jian," kata petugas Pemadam Kebakaran Sudin Jakarta Selatan, Dendi.
Enam belas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Mobil- mobil itu menyebar dan berusaha menjangkau lokasi kebakaran dari segala penjuru mata angin, mencari jalan tercepat. Akibatnya, macet tak terelakkan.
"Macet. Dari utara, barat, timur, kita kerahkan supaya mana yang lebih dulu sampai langsung bisa menangani. Jadinya macet di Cipete, di Pos Fatmawati, dan sekitarnya," tutur Dendi.
Dendi menyatakan dua rumah yang terbakar itu berhasil dipadamkan dan sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung tak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Penyebab kebakaran  belum bisa dipastikan  oleh petugas.

Komentar