RPP KELAS VII SEMESTER SATU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                : SMPN/S
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran                   : 2017/2018
Tema                                                 : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                              : Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester                      : VII/Ganjil
Alokasi Waktu                      : 6 JP (3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
3.2    Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.  

3.1.1      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
3.2.2      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
2
4.1    Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
4.1.1      Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2      Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2.1       Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2      Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3      Menyajikan secara lisan  teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
2.      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2.      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Ø  Lagu Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
b. Konsep
Ø  Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umu teks deskripsi
c. Prinsip
Ø  Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø  Menyusun Teks deskripsi
2.      Materi pembelajaran remedial
a.    Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
b.   Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi  Kuat
c.    Mengidentifikasi Majas
3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.    Ciri objek yang dideskripsikan
b.   Tujuan menciptakan teks deskripsi
c.    Ciri isi teks deskripsi

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang  relevan

H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
·         Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi Tema 1 Tentang Parang Tritis nan Indah:
Ø  Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi Tema 2 Tentang Ayah, Panutanku
Ø  Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi Tema 3 Tentang Ibu, Inspirasiku
Ø  Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi Tema 4 Sibagas, Kelinciku
Ø  Peserta didik diminta mengamati tentang model- model teks deskripsi.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendenganrkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Apa ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mencari data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar hal yang dideskripsikan dari keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah, Ayah Panutanku, Ibu Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku Pada halaman 3 s-d 5
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta membaca materi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta membaca tentang Parang tritis nan Indah
Ø  Peserta didik diminta membaca tentang Ayah, Panutanku
Ø  Peserta didik diminta membaca tentang Ibu, Inspirasiku
Ø  Peserta didik diminta membaca tentang Sibagas, Kelinciku
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi!
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
v   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam  mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
§  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Mengidentifikasi Majas

v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi  yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Sebutkan ciri-ciri Teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mencari data Informasi tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mencari data Informasi tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum,
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar semua kalimat yang membuat kamu seakan melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø   Peserta didik diminta untuk membaca tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi  

v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri penggunaan kata pada teks deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi    dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi  
Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Peserta didik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§  Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan  Isi Teks Deskripsi
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 1 tentang Pesona Pantai Senggigi
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 2 tentang Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2 yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2

v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2

v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan Perbedaan Teks 1 dan Teks 2pada buku siswa  pada halaman 17
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan Persamaan Teks 1 dan Teks 2 pada buku sisw pada halaman 17
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca Teks 1 tentang Pesona Pantai Senggigi
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca Teks 2 tentang Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Persamaan Teks 1 dan Teks 2
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Perbedaan Teks 1 dan Teks 2
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang: Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2 dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2
Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2 Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit


I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman
b.      Pengetahuan
1)    Ter tertulis
c.       Keterampilan
1)  Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
Ø  Terlampir
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
Ø  Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi  Kuat
Ø  Mengidentifikasi Majas

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Ciri objek yang dideskripsikan
Ø  Tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø  Ciri isi teks deskripsi




                                                                                                   ……………, 17 Juli 2017

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                   Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.


 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                  : SMPN/S
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Tema                                       : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                                : Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester                       : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran                     : 2017/2018
Alokasi Waktu                                    : 6 JP (3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
3.2    Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.  

3.1.1      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2      Menentukan ciri  teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
3.2.2      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

2
4.1    Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
4.1.1      Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2      Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2.1        Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2      Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3      Menyajikan secara lisan  teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek


C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
2.      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2.      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Ø  Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian,  simpulan.
b. Konsep
Ø  Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi
c. Prinsip
Ø  Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø  Menyusun Teks deskripsi
2.      Materi pembelajaran remedial
a.       Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
b.      Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
c.       Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
d.      Penggunaan Kata Khusus
e.       Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
f.       Mendaftar Kalimat Bermajas
g.       Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
h.      Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi
i.        Penggunaan  Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks

3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.       Penggunaan  Huruf Kapital dan  Tanda Koma pada Teks Deskrisi

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang  relevan


H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
o   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
o   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
o   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
o   Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
Ø  Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø  Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø  Membandingkan Isi  Teks 1 dan Teks 2
o   Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
o   Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
o   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
·         Mencermati  Struktur Teks Deskripsi
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
o   Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
o   Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o   Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
o   Pembagian kelompok belajar
o   Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk Mengamati Truktur Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta untuk Mengamati Identifikasi/gambran umum
Ø  Peserta didik diminta untuk Mengamati Deskripsi bagian
Ø  Peserta didik diminta untuk Mengamati Jenis Pengembangan deskripsi bagian
Ø  Peserta didik diminta untuk Mengamati tentang model- model teks deskripsi.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
Ø  Mencermati  Struktur Teks Deskripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
o   Mencermati  Struktur Teks Deskripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
Ø  Mencermati  Struktur Teks Deskripsi

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi dan mencermati struktur teks dekskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Apakah ciri bagian teks yang disebut deskripsi bagian?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan
v  Aktivitas:
Ø  peserta didik diminta membuat jenis pengembangan deskripsi bagian. seperti, deskkripsi bagian berdasarkan ruang, deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian-bagian objek, deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung, deskripsi bagian berupa pemfokusan
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta Membaca Truktur Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta Membaca Identifikasi/gambran umum
Ø  Peserta didik diminta Membaca  Deskripsi bagian
Ø  Peserta didik diminta Membaca Jenis Pengembangan deskripsi bagian

v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang  ciri bagian teks yang disebut identifikasi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang  ciri bagian teks yang disebut deskripsi bagian
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang  ciri bagian ciri bagian simpulan teks deskripsi
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang: Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati  Struktur Teks Deskripsi  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati  Struktur Teks Deskrips
Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati  Struktur Teks Deskrips
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati  Struktur Teks Deskrips
v   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit
v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
o   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
o   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
o   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
o   Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi,
·         Mencermati  Struktur Teks Deskrips
o   Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o   Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
o   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
o   Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
o   Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o   Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
o   Pembagian kelompok belajar
o   Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi

Menanya
Ø  Mengajukan pertanyaan tentang : Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Sebutkan awalan meN- yang diikuti kata dasar dengan huruf awal (k,p,t,s)
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar kalimat yang membuat pembaca seolah-seolah melihat, mendengar, atau merasakan
Ø  Peserta didik diminta membuat Daftar kata berimbuhan dengan awalan meN-  yang diikuti kata dasar dimulai  bunyi k, p, t, dan s pada teks 1 dan 2!
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø   Peserta didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang kata baik pada kolom 1 diperinci  dengan kata apa saja pada kolom 2
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang kata bentuk, warna, dan indah pada kolom 1 diperinci menjadi kata apa saja pada kolom 2?
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang buatlah simpulan penggunaan kalimat pada  teks deskripsi!
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang:
Ø  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi

Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang :
Ø  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Peserta didik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
o   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
o   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
o   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
o   Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
o   Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o   Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
o   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
·         Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
·         Penggunaan Kata Khusus
·         Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
·         Mendaftar Kalimat Bermajas
·         Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
o   Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o   Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
o   Pembagian kelompok belajar
o   Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Carilah contoh kalimat yang menggunakan huruf kapital secara benar dan secara salah
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan Cara penggunaan awalan meN- yang diikuti kata dengan huruf awal k, p, t, s
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan Cara penulisan  di sebagai awalan dan di sebagai kata depan!
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Penggunaan Kata Khusus
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara penggunaan awalan meN- yang diikuti kata dengan huruf awal k, p, t, s
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara penulisan  di sebagai awalan dan di sebagai kata depan!
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara kesalahan penggunaan bahasa/tanda baca/ejaan
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang:
Ø   Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi

Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.  Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)      Observasi (jurnal)
2)      Penilaian diri
3)      Penilaian antarteman

b.  Pengetahuan
1)      Ter tertulis

c.  Keterampilan
1)      Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Menentukan Ciri  Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan Kata Khusus
Ø  Penggunaan Kata depan  di-  dan Huruf Kapital
Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Ø  Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø  Penggunaan  Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Penggunaan  Huruf Kapital dan  Tanda Koma pada Teks Deskrisi



                                                                                                   ……………, 17 Juli 2017

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                   Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.


Komentar