RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMPN/S
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Tema :
Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema : Telaah
Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan
unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum
teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1
Merinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks
deskripsi yang disajikan
3.2.3 Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4 Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
Menentukan dan
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
2
|
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan
dibaca.
4
4.1
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi
(topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks
deskripsi
4.2
4.2.1
Merencanakan penulisan teks
deskripsi
4.2.2
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi
isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
Pertemuan
Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Merinci bagian-bagian struktur teks
deskripsi
2. Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi
bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan
Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan variasi pola pengembangan teks
deskripsi
2. Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk
melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
tanda baca/ejaan
Fokus nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Lagu
Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
b.
Konsep
Ø
Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umu teks deskripsi
c.
Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø Menyusun
Teks deskripsi
2.
Materi pembelajaran remedial
a. Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
b. Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
c. Mengidentifikasi
Majas
3.
Materi pembelajaran pengayaan
a. Ciri
objek yang dideskripsikan
b. Tujuan
menciptakan teks deskripsi
c. Ciri
isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 1 Tentang Parang Tritis nan Indah:
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 2 Tentang Ayah, Panutanku
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 3 Tentang Ibu, Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 4 Sibagas, Kelinciku
Ø
Peserta didik diminta mengamati tentang model- model teks deskripsi.
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendenganrkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan,
dan Isi Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Apa ciri teks deskripsi dari
segi tujuan dan objek yang dideskripsikan?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik
diminta mencari data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta membuat daftar hal yang dideskripsikan dari
keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah, Ayah Panutanku, Ibu
Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku Pada halaman 3 s-d 5
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta membaca materi
tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Parang tritis nan Indah
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Ayah, Panutanku
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Ibu, Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Sibagas, Kelinciku
v Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi
dari segi isi dan tujuan teks deskripsi!
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi
Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks
Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
§
Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati
tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Mengidentifikasi Majas
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang
: Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Sebutkan ciri-ciri Teks deskripsi dari
segi penggunaan bahasa?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
v Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan
kalimat lain yang lebih umum,
Ø Peserta didik diminta membuat daftar semua kalimat yang membuat kamu seakan
melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta untuk membaca tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta
didik diminta untuk membaca tentang Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang jenis teks
deskripsi ditinjau dari bentuknya
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang tulis
dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya
sebagai sebuah jenis teks
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri
penggunaan kata pada teks deskripsi
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri
Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi
Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Peserta didik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 1 tentang Pesona
Pantai Senggigi
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 2 tentang Gebyar
Pementasan Tari Kolosal Ariah
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang
: Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2 yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Apa tujuan
penulis menampilkan teks tersebut?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2
v
Mencari informasi
tentang :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
v Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Perbedaan
Teks 1 dan Teks 2pada buku siswa
pada halaman 17
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Persamaan
Teks 1 dan Teks 2 pada buku sisw pada halaman 17
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 1
tentang Pesona Pantai Senggigi
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 2
tentang Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Persamaan Teks 1 dan Teks 2
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Perbedaan Teks 1 dan Teks 2
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang: Menentukan Isi Teks
Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2 dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Menentukan
Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2 Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1) Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen
Penilaian
Ø Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
v Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Kalimat Berisi
Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
Ø Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø Mengidentifikasi
Majas
b. Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø Ciri objek yang
dideskripsikan
Ø Tujuan
menciptakan teks deskripsi
Ø Ciri isi teks
deskripsi
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMPN/S
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tema : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema : Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan
unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum
teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada
teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1
Merinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks
deskripsi yang disajikan
3.2.3 Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4 Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
Menentukan dan
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
2
|
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan
dibaca.
4
4.1
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi
(topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks
deskripsi
4.2
4.2.1
Merencanakan penulisan teks
deskripsi
4.2.2
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
|
|
|
|
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi
isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
Pertemuan
Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Merinci bagian-bagian struktur teks
deskripsi
2. Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi
bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan
Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan variasi pola pengembangan teks
deskripsi
2. Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk
melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
tanda baca/ejaan
Fokus
nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Struktur
teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
b. Konsep
Ø Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi
c.
Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d.
Prosedur
Ø Menyusun
Teks deskripsi
2. Materi
pembelajaran remedial
a. Menentukan
Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
b. Menelaah
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
c. Penggunaan
Kata Depan pada Teks Deskripsi
d. Penggunaan
Kata Khusus
e. Penggunaan
Kata depan di- dan Huruf Kapital
f. Mendaftar
Kalimat Bermajas
g. Penggunaan
Pilihan Kata yang Bervariasi
h. Mencermati
Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi
i.
Penggunaan Huruf
Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
3. Materi
pembelajaran pengayaan
a. Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v Orientasi
o
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
o
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
o
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
o Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
o
Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
o
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
o
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi
·
Mencermati Struktur Teks Deskripsi
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
o Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
o
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
o
Pembagian kelompok belajar
o
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk Mengamati Truktur Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta untuk Mengamati Identifikasi/gambran umum
Ø
Peserta didik diminta untuk Mengamati Deskripsi bagian
Ø
Peserta didik diminta untuk Mengamati Jenis Pengembangan deskripsi bagian
Ø Peserta didik diminta untuk Mengamati tentang model- model teks deskripsi.
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi
Ø Mencermati
Struktur Teks Deskripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi
o Mencermati
Struktur Teks Deskripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi
Ø Mencermati
Struktur Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi dan
mencermati struktur teks dekskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Apakah ciri bagian teks
yang disebut deskripsi bagian?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Struktur teks
tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi
bagian, simpulan.
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Struktur teks
tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi
bagian, simpulan
v Aktivitas:
Ø peserta didik diminta membuat jenis pengembangan deskripsi bagian.
seperti, deskkripsi bagian berdasarkan ruang, deskripsi bagian berdasarkan
anggota bagian-bagian objek, deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu
berlangsung, deskripsi bagian berupa pemfokusan
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta Membaca Truktur Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta Membaca Identifikasi/gambran umum
Ø
Peserta didik diminta Membaca Deskripsi bagian
Ø
Peserta didik diminta Membaca Jenis Pengembangan deskripsi bagian
v Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bagian
teks yang disebut identifikasi
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bagian
teks yang disebut deskripsi bagian
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bagian
ciri bagian simpulan teks deskripsi
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v Saling tukar informasi
tentang: Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati Struktur Teks
Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Menelaah
Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati
Struktur Teks Deskrips
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi, Mencermati
Struktur Teks Deskrips
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi, Mencermati
Struktur Teks Deskrips
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
o
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
o
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
o
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
o Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.yaitu
Ø
Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi,
·
Mencermati Struktur Teks Deskrips
o
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
o
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§
Penggunaan Sinonim pada Teks
Deskripsi
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
o Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
o
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
o
Pembagian kelompok belajar
o
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati
tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Penggunaan Kata
dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Penggunaan Penggunaan Sinonim pada Teks
Deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§
Penggunaan Sinonim pada Teks
Deskripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§
Penggunaan Sinonim pada Teks
Deskripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§
Penggunaan Sinonim pada Teks
Deskripsi
|
Menanya
Ø
Mengajukan pertanyaan tentang : Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Sebutkan awalan meN- yang diikuti kata dasar dengan huruf awal
(k,p,t,s)
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan
Pancaindra
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Kata
dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan
Pancaindra
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Kata
dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan
data Informasi tentang Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
v Aktivitas:
Ø
Peserta didik diminta membuat daftar kalimat
yang membuat pembaca seolah-seolah melihat, mendengar, atau merasakan
Ø
Peserta didik diminta membuat Daftar kata berimbuhan
dengan awalan meN- yang diikuti kata
dasar dimulai
bunyi k, p, t, dan s pada teks 1 dan 2!
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan
Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø
Peserta
didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Ø
Peserta didik diminta untuk membaca tentang Penggunaan
Sinonim pada Teks Deskripsi
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang kata baik
pada kolom 1 diperinci dengan kata
apa saja pada kolom 2
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang kata
bentuk, warna, dan indah pada kolom 1 diperinci menjadi kata apa saja pada
kolom 2?
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang buatlah
simpulan penggunaan kalimat pada
teks deskripsi!
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v Saling tukar informasi
tentang:
Ø Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø Penggunaan Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s)
Ø Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø Penggunaan Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s)
Ø
Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø Penggunaan Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s)
Ø
Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang :
Ø Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
Ø Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Ø Penggunaan Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s)
Ø
Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Peserta didik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v Orientasi
o
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
o
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
o
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v Apersepsi
o Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema
sebelumnya.yaitu
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§ Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
o
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
o
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
o
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
·
Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
·
Penggunaan Kata Khusus
·
Penggunaan Kata depan di-
dan Huruf Kapital
·
Mendaftar Kalimat Bermajas
·
Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan pertanyaan.
v Pemberian Acuan;
o
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
o
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
o
Pembagian kelompok belajar
o
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata Depan
pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Kata
depan di- dan Huruf Kapital
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Mendaftar Kalimat
Bermajas
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Penggunaan Pilihan Kata
yang Bervariasi
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang
:
Ø Penggunaan
Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Carilah contoh kalimat
yang menggunakan huruf kapital secara benar dan secara salah
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata depan di-
dan Huruf Kapital
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata Khusus
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Penggunaan Kata depan di-
dan Huruf Kapital
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
v Aktivitas:
Ø
Peserta didik
diminta mendiskusikan Cara penggunaan awalan meN- yang diikuti kata dengan huruf awal k, p,
t, s
Ø
Peserta didik
diminta mendiskusikan Cara penulisan
di sebagai awalan dan di sebagai kata depan!
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø Peserta didik diminta untuk membaca materi
yang berhubungan dengan Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta untuk membaca materi
yang berhubungan dengan Penggunaan Kata Khusus
Ø Peserta didik diminta untuk membaca materi
yang berhubungan dengan Penggunaan Kata depan di-
dan Huruf Kapital
Ø Peserta didik diminta untuk membaca materi
yang berhubungan dengan Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø
Peserta didik
diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Penggunaan
Pilihan Kata yang Bervariasi
v Mendiskusikan
Ø
Peserta didik
diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara penggunaan awalan meN-
yang diikuti kata dengan huruf awal k, p, t, s
Ø
Peserta didik
diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara penulisan di sebagai awalan dan di sebagai kata
depan!
Ø
Peserta didik
diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Cara kesalahan penggunaan
bahasa/tanda baca/ejaan
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang:
Ø Penggunaan
Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan:
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang
Ø Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan
objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1) Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
1) Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
2) Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Menentukan
Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
Ø Menelaah
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata
Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata
Khusus
Ø Penggunaan Kata
depan di- dan Huruf Kapital
Ø Mendaftar
Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan
Pilihan Kata yang Bervariasi
Ø Mencermati
Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada
Teks
b. Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3) Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar