PENENTUAN KKM |
|
|
|
|
|
|
|
SEKOLAH |
: |
MTSN REJOSO |
|
|
|
|
MATA
PELAJARAN |
: |
BAHASA INDONESIA |
|
|
|
|
KELAS/SEMESTER |
: |
VIII/GENAP |
|
|
|
|
TAHUN
PELAJARAN |
: |
2016-2017 |
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR |
|
INDIKATOR |
Analisis |
|
|
|
|
Kompleksitas |
Daya |
Intake |
KKM |
|
dukung |
|
|
3.1
Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan |
|
1.
Pengenalan struktur teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan |
|
2. Pemahaman isi teks ulasan |
2 |
2 |
3 |
78 |
|
1.
Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi |
2 |
2 |
3 |
78 |
|
2.
Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi
dilihat dari fitur bahasanya |
2 |
3 |
2 |
78 |
3.3Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan |
|
Langkah-langkah menemukan
kelebihan/kekurangan teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
4.1 Menangkap makna teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
secara lisan maupun tulisan |
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
4.2 Menyusun teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan |
|
2.
Pemahaman isi teks ulasan |
2 |
2 |
3 |
78 |
4.3 Menelaah dan merevisi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan |
|
Langkah Menyusun teks ulasan |
2 |
3 |
3 |
89 |
4.4.Meringkas
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik secara lisan maupun tulisan |
|
2 |
2 |
2 |
67 |
3.1 Memahami teks cerita
moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
baik melalui lisan maupun tulisan |
|
3 |
3 |
2 |
89 |
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan |
|
1.
Aspek penelahaan teks ulasan |
3 |
3 |
2 |
89 |
|
2.
Merevisi isi dan bahasa teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
3.2 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan |
|
Langkah menyusun ringkasan: |
2 |
3 |
2 |
78 |
|
2 |
3 |
2 |
78 |
4.1 Menangkap makna teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
secara lisan maupun tulisan |
|
1.
Pengenalan struktur teks ulasan |
2 |
2 |
3 |
78 |
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan maupun tulisan |
|
2.
2. Pemahaman isi teks diskusi |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.3
Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan |
|
1.
Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat
dilihat dari struktur isi |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.4 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan |
|
2.
Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat
dilihat dari fitur bahasanya |
2 |
2 |
2 |
67 |
|
Langkah-langkah menemukan
kelebihan/kekurangan teks diskusi |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.1
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan maupun tulisan |
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan |
2 |
3 |
3 |
89 |
4.1 Menelaah dan merevisi
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan |
|
2.
Pemahaman isi teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
|
Langkah menyusun teks diskusi |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.4.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan |
|
|
2 |
2 |
2 |
67 |
3.1 Memahami teks cerita
moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
baik melalui lisan maupun tulisan |
|
Aspek penelahaan teks ulasan |
2 |
2 |
2 |
67 |
|
Merevisi isi dan bahasa teks
ulasan |
2 |
2 |
3 |
78 |
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan |
|
Langkah menyusun
ringkasan: |
2 |
3 |
2 |
78 |
3.2
Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan |
|
Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi |
2 |
3 |
2 |
78 |
4.1 Menangkap makna teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
secara lisan maupun tulisan |
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
|
2.
Pemahaman isi teks ulasan |
2 |
3 |
2 |
78 |
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan maupun tulisan |
|
Langkah menyusun
teks diskusi |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.3 Menelaah dan merevisi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan |
|
Aspek
penelahaan teks ulasan |
2 |
2 |
2 |
67 |
|
Merevisi
isi dan bahasa teks ulasan |
2 |
2 |
2 |
67 |
4.1 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi,
cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan |
|
Langkah menyusun
ringkasan: |
2 |
2 |
2 |
67 |
KKM |
|
|
|
|
|
75 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, |
|
Pasuruan, 2 Januari 2017 |
Kepala Madrasah |
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Drs. HA1RUL SALEH, M.Pd |
|
|
RIRIN KHURROTUL AINI,
S.Pd |
NIP. 196901261995031001 |
|
|
NIP. 198109182007012016 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar