| PENENTUAN KKM | ||||||
| SEKOLAH | : | MTSN REJOSO | ||||
| MATA PELAJARAN | : | BAHASA INDONESIA | ||||
| KELAS/SEMESTER | : | VIII/GENAP | ||||
| TAHUN PELAJARAN | : | 2016-2017 | ||||
| KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | Analisis | ||||
| Kompleksitas | Daya | Intake | KKM | |||
| dukung | ||||||
| 3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan | 1. Pengenalan struktur teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan | 2. Pemahaman isi teks ulasan | 2 | 2 | 3 | 78 | |
| 1. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi | 2 | 2 | 3 | 78 | ||
| 2. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya | 2 | 3 | 2 | 78 | ||
| 3.3Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan | Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 1. Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | 2. Pemahaman isi teks ulasan | 2 | 2 | 3 | 78 | |
| 4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan | Langkah Menyusun teks ulasan | 2 | 3 | 3 | 89 | |
| 4.4.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 2 | 2 | 2 | 67 | ||
| 3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | 3 | 3 | 2 | 89 | ||
| 3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | 1. Aspek penelahaan teks ulasan | 3 | 3 | 2 | 89 | |
| 2. Merevisi isi dan bahasa teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | ||
| 3.2 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan | Langkah menyusun ringkasan: | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 2 | 3 | 2 | 78 | |||
| 4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 1. Pengenalan struktur teks ulasan | 2 | 2 | 3 | 78 | |
| 4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | 2. 2. Pemahaman isi teks diskusi | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| 4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan | 1. Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat dilihat dari struktur isi | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| 4.4 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 2. Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat dilihat dari fitur bahasanya | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi | 2 | 2 | 2 | 67 | ||
| 4.1 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | 1. Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan | 2 | 3 | 3 | 89 | |
| 4.1 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan | 2. Pemahaman isi teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| Langkah menyusun teks diskusi | 2 | 2 | 2 | 67 | ||
| 4.4.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 2 | 2 | 2 | 67 | ||
| 3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | Aspek penelahaan teks ulasan | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| Merevisi isi dan bahasa teks ulasan | 2 | 2 | 3 | 78 | ||
| 3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | Langkah menyusun ringkasan: | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 3.2 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan | Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | 1. Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | |
| 2. Pemahaman isi teks ulasan | 2 | 3 | 2 | 78 | ||
| 4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | Langkah menyusun teks diskusi | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| 4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan | Aspek penelahaan teks ulasan | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| Merevisi isi dan bahasa teks ulasan | 2 | 2 | 2 | 67 | ||
| 4.1 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan | Langkah menyusun ringkasan: | 2 | 2 | 2 | 67 | |
| KKM | 75 | |||||
| Mengetahui, | Pasuruan, 2 Januari 2017 | |||||
| Kepala Madrasah | Guru Mata Pelajaran | |||||
| Drs. HA1RUL SALEH, M.Pd | RIRIN KHURROTUL AINI, S.Pd | |||||
| NIP. 196901261995031001 | NIP. 198109182007012016 | |||||
Komentar
Posting Komentar