KKM BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMT GENAP

PENENTUAN KKM
SEKOLAH : MTSN REJOSO
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : VIII/GENAP
TAHUN PELAJARAN : 2016-2017
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR Analisis
Kompleksitas Daya Intake KKM
dukung
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan 1.         Pengenalan struktur teks ulasan 2 3 2 78
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan 2.  Pemahaman isi teks ulasan 2 2 3 78
1.      Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi  dilihat dari struktur isi  2 2 3 78
2.      Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya 2 3 2 78
3.3Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan 2 3 2 78
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 1.      Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan 2 3 2 78
4.2  Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan 2.      Pemahaman isi teks ulasan 2 2 3 78
4.3  Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan Langkah Menyusun teks ulasan 2 3 3 89
4.4.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 2 2 2 67
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan  3 3 2 89
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan 1.      Aspek penelahaan teks ulasan 3 3 2 89
2.      Merevisi isi dan bahasa teks ulasan 2 3 2 78
3.2  Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan Langkah menyusun ringkasan: 2 3 2 78
2 3 2 78
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 1.      Pengenalan struktur teks ulasan 2 2 3 78
4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan 2.      2. Pemahaman isi teks diskusi 2 2 2 67
4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan 1.      Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat dilihat dari struktur isi  2 2 2 67
4.4  Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 2.      Perbedaan teks diskusi berbentuk seminar dan debat dilihat dari fitur bahasanya 2 2 2 67
Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi 2 2 2 67
4.1  Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan 1.      Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan 2 3 3 89
4.1  Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan 2.      Pemahaman isi teks ulasan 2 3 2 78
Langkah menyusun teks diskusi 2 2 2 67
4.4.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 2 2 2 67
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan  Aspek penelahaan teks ulasan 2 2 2 67
Merevisi isi dan bahasa teks ulasan 2 2 3 78
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan Langkah menyusun ringkasan: 2 3 2 78
3.2  Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi 2 3 2 78
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan 1.      Pemahaman kata, istilah dalam teks ulasan 2 3 2 78
2.      Pemahaman isi teks ulasan 2 3 2 78
4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan Langkah menyusun teks diskusi 2 2 2 67
4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan Aspek penelahaan teks ulasan 2 2 2 67
Merevisi isi dan bahasa teks ulasan 2 2 2 67
4.1  Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan Langkah menyusun ringkasan: 2 2 2 67
KKM 75
Mengetahui, Pasuruan,   2 Januari 2017
Kepala Madrasah  Guru Mata Pelajaran
Drs. HA1RUL SALEH, M.Pd RIRIN KHURROTUL AINI, S.Pd
NIP. 196901261995031001 NIP. 198109182007012016

Komentar